Business Intelligence Concept

January 5, 2009 at 10:33 am Leave a comment

A. Latar Belakang

1. Era Hyper Competition & Hyper Information

Pada era ini informasi yang dibutuhkan oleh pengambil keputusan untuk masuk ke dalam era hyper-competition. Empat langkah utama dalam hyper-information :

  • Collect
  • Treatment
  • Hyper-information Analysis
  • Expert networks

2. Dari Competitive Intelligence ke Inovasi

  • Untuk survive dalam hyper-competition tidak ada cara lain, mengembangkan inovasi bisnis
  • Proses inovasi adalah kompleks, ide dan inspirasi sebagian besar datang dari perubahan-perubahan lingkungan perusahaan
  • Melakukan Monitoring perubahan lingkungan (sains, teknik, teknologi, ekonomi, sosial dan politik)

Competitive Intelligence adalah sumber informasi untuk mengembangkan inovasi”

segitiga1

3. Information Typology :

  • TEXT or FORMAL (Database, patents, publications, journals…..)
  • FUZZY or INFORMAL (customers, competitors, people, …)
  • EXPERTISE, memory, know-how
  • EXHIBITS and FAIRS

4. 4S Untuk Merealisasikan CI

4s-ci

5. Operasional CI

operasional-ci

6. Textual Information :

  • Berbagai commercial databases
  • 5.646 db dapat diakases on-line
  • Fasilitas dan budget

B. PENGUMPULAN INFORMASI

1. Strategy Pengumpulan Informasi dengan cara :

Analysis semua sumber yang mungkin

I. FORMAL dan INFORMAL

  • Formal: analisis sumber
  • Informal: analisis sumber

II. Database. Seleksi dari set database

  • Menggunakan RANK or GET commands
  • Akses database CUADRA

2. Equation Logic

s inflation(w)targeting

68676 INFLATION

25184 TARGETING

S1 198 INFLATION(W)TARGETING

s s1 and PY=1999:2000

198 S1

196634 PY=1999 : PY=2000

S2 70 S1 AND PY=1999:2000

3. The Critical of Success(C.F.S.)

  • Untuk tujuan DECISION maka harus menentukan sektor-sektor kritik untuk diobservasi
  • Teori J.F. Rockart (THE CRITICAL FACTOR OF SUCCESS”) : Sektor-sektor aktivitas perusahaan dimana semuanya harus berjalan dengan sangat baik agar supaya aktivitas maju berkembang Sektor-sektor vital dimasa mendatang. CFS ini bergantung pada aktivitas dan strategi perusahaan serta momen pada saat ditentukan
  • Berjumlah kecil 3 sampai 6 faktor
  • Diseleksi dengan hati-hati oleh para pengambil keputusan beserta experts dari berbagai area perusahaan
  • Berdasarkan CFS inilah pengumpulan informasi dilakukan
  • Berkas Informasim General untuk masing-masing CFS

C. PATEN

1. Informasi Paten

Paten berperan sentral dalam Competitive Intelligence karena peranannya tidak semata-mata sebagai alat proteksi tetapi juga mengandung aspek informatif yang sangat berharga. Pemantauan terhadap paten mencari keterangan tentang persaingan, dan ruang untuk inovasi yang tersedia. Dalam kuliah ini dibahas aspek aspek informatif dari paten, bagaimana mengeksploitasi informasi paten

2. Peran Kunci Paten

  • Mengamati para kompetitor
  • Menganalisis evolusi suatu teknologi
  • Mengenal dengan cepat teknologi baru
  • Mengevaluasi pasar international
  • tool utama dalam pemantauan teknologi

3.Paten Sebagai Indikator

  • Ketika merumuskan C.F.S, paten dapat digunakan untuk menentukan“technological tree” dari C.F.S.
  • Pada tahap ini, paten tidak dilihat dari segi yuridis tetapi sebagai

D. PENUTUP

Dalam era HYPER-COMPETITION perusahaan harus senantiasa berpegang pada informasi. Penanganan informasi tersebut harus sungguh-sungguh, sekarang kita berada dalam era informasi, jadi masalahnya bukan mendapatkan informasi tetapi HYPER-INFORMATION.Hyper-information membutuhkan specialist, methode dan tools dan ini dipenuhi oleh Competitive Intelligence

1. Pemantauan Teknologi

Konsentrasi observasi pada bidang :

  • Riset fundamental (info. Sains)
  • Riset aplikasi (info. Teknik)
  • Material
  • Metode pabrikasi
  • Sistem informasi

2. Pemantauan Bersaing

Konsentrasi observasi pada bidang :

  • Kompetitor sekarang
  • Kompetitor potensial

Jika ingin mendapatkan materi yang lebih lengkap dapat mendownload file :  BI_Business Intelligence Concept.zip atau mendapatkan materi yang berkaitan dengan Business Intelligence Concept dapat masuk pada halaman Download

Entry filed under: Materi Kuliah. Tags: .

Market Intelligence BI Introduction To Competitive Intelligence

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


January 2009
M T W T F S S
« Dec    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Comments


%d bloggers like this: