BI Introduction To Competitive Intelligence

January 5, 2009 at 1:11 pm Leave a comment

A. Transformation of data & information to  the knowledge

  • Data. Potret suatu kejadian atau fakta atas sesuatu hal yang  terjadi pada suatu periode waktu. Data belum memiliki arti dan manfaat.
  • Information. Kumpulan data yang memiliki hubungan sehingga dapat memberikan makna. Informasi telah memberikan makna baik dalam arti positif maupun negatif.
  • Knowledge. Sesuatu yang lebih luas, lebih dalam dan komprehensif dari  informasi. Knowledge merupakan gabungan  dari tacit knowledge (keahlian pada seseorang yang tidak terlihat) dan explixit knowledge (keahlian yang terdokumentasi)

B. Sejarah CI

  • Musa mengirimkan pengikutnya untuk melakukan investigasi di Canaan
  • Sun Tzu (400 SM).  Penerapan intelijen  dalam strategi  perang yang hampir tidak pernah mengalami kekalahan.
  • Inggris (1909) membentuk lembaga formal Inteligence.
  • Amerika (1947) membentuk CIA (Central Intelligence Agency)
  • Awal Kegiatan Inteligence dari gerakan bawah tanah (spionase) à Meja Direksi

C. Evolusi Intelijen

evolusi

D. Konsep Intelijen

Intelijen adalah penciptaan pengetahuan baru (new knowledge) dalam suatu organisasi.

Transformasi Data menjadi Intelijen

konsep

E. Pengertian Intelijen kompetitif

“Merupakan fondasi dimana sasaran dan strategi dari sebuah organisasi dibangun dan dimodifikasi. Intelijen kompetitif menyediakan input terhadap keputusan produk mana, pasar dan jalur bisnis yang akan ditanami investasi dan dibangun, yang mana dan bagaimana membangun kerjasama, dan juga yang mana yang akan didivestasi”

“Society of Management Accountants of Canada (1996) “

Peranan Intelijen Kompetitif :

  • Memahami Lingkungan bisnis dengan lebih baik
  • Memahami industri yang digeluti dengan lebih baik
  • Mempelajari dan memahami perusahaan pesaing dan strategi bisnis mereka
  • Meramalkan kesempatan dan ancaman terhadap perusahaan atau organisasi
  • Mengantisipasi riset yang dilakukan oleh pesaing dan pengembangan strategis mereka
  • Merekonstruksi informasi keuangan, pemasaran, dan operasional dari pesaing, supplier atau konsumen
  • Melakukan validasi terhadap rumor-rumor industri yang dihembuskan
  • Membantu dalam membuat keputusan yang efektif
  • Perusahaan atau organisasi akan lebih aktif dalam industri

Perbedaan antara Issue, Data, Information and Intelligence

isue

F. Unsur-unsur dalam CI

  • Pengumpulan data dan informasi
  • Analisis informasi
  • Aktifitas-aktifitas bisnis
  • Adanya tujuan strategis yang hendak dicapai
  • Program sistematik

Pengertian Intelijen kompetitif

Merupakan pondasi dimana sasaran dan strategi dari sebuah organisasi dibangun dan dimodifikasi. Intelijen kompetitif menyediakan input terhadap keputusan produk, pasar dan jalur bisnis yang akan menjadi sasaran investasi dan dibangun, bagaimana membangun kerjasama, dan mana yang akan didivestasi

Elemen-elemen CI :

  • Memfokuskan pada industri dan membuat “profile” pesaing
  • Pengumpulan data dan informasi menjadi intelijen, diorganisasi, dan dievaluasi untuk menyediakan pandangan baru terhadap kompetisi.
  • Setiap anggota organisasi adalah bagian dari intelijen kompetitif, sebagai “antenna”, meskipun tidak diberi tanggung jawab secara formal.
  • Merupakan proses dari mengumpulkan, menganalisis, dan menggunakan data umum (public) yang tersedia dan diperoleh dengan legal dan etis, dan bukan merupakan spionase industri.

1. Information Gathering

The information source could be obtained from the formal and informal sources, for instance : personal or public interviews with management, speeches, annual reports, government documents, trade shows, patent searches (show you what product the company may be planning to produce), newspaper, magazine articles, books, Edited TV interviews or others’ opinions. To get the valuable information, it is necessary to have a person (s) who is competence enough in handling the information and the technology that gather the information

2. Information Management

Information need to be arranged, protected, cared, and developed so it is still up-to-date. This information is expected to be in accordance with what we want it to be. It can be easily be accessed by the users of information. The information is saved on the database that can be accessed through internet / intranet. This in turn will help in sharing information between the user and information provider

3. Information Analysis

The collected information must be transformed from a bunch of scattered tidbits into a useful report. One way of analyzing all the information is to turn it into a SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats) Analysis. Use the gathered information to make educated assumptions about the strength, weakness, opportunities, and threats of competing firm

4. Information Understanding

To get a valuable information, the information must be analyzed by an expert. Interaction, structure, and network of information must be understood well. Doing processing data such as: frequency lists, matrix, and its network design. Doing synthesis to get the strategic information product

Reference :

  1. O’Brien, James A., (2002), Management Information System: Managing Information Technology in the E-Business Enterprise, Fifth Edition, Irwin-McGraw-Hill.
  2. Taryanto, Aulia & Suryadi, (2000), “Competitive Intelligence: Piranti Strategis Memenangkan Persaiangan Global”, Multi Utama.
  3. Kahaner, (1996), “Competitive Intelligence”, PT Prenhallindo.
  4. Dou & Manullang, (2004), “Competitive Intelligence: Technology Watch and Regional Development” MUC Publishing.
  5. Shacker & Gembicki, (1999), “The WarRoom Guide to Competitive Intelligence:, McGraw-Hill.

Jika ingin mendapatkan materi yang lebih lengkap dapat mendownload file : Competitive Intelligence.zip atau mendapatkan materi yang berkaitan dengan BI Introduction To Competitive Intelligence dapat masuk pada halaman Download

Entry filed under: Materi Kuliah. Tags: .

Business Intelligence Concept Cyber Collection

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


January 2009
M T W T F S S
« Dec    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Comments


%d bloggers like this: