Market Intelligence

January 4, 2009 at 4:30 am Leave a comment

Market intelligence merupakan pengumpulan informasi yang digunakan untuk menyelesaikan segala permasalahan berkaitan dengan strategi pemasaran yang akan dijalankan. Market intelligence digunakan untuk mencari data-data yang berkaitan dengan kondisi internal dari competitor seperti untuk mendapatkan informasi produk andalan dari pesaing, keunggulan produk pesaing, kemana pesaing membidik sasaran, serta mempelajari pola-pola strategi pesaing secara detail. Sehingga berdasarkan informasi yang diperoleh tersebut perusahaan dapat mengatur suatu strategi antisipatif dan untuk meningkatkan produk sendiri melebihi produk yang sudah dihasilkan pesaing.

Hasil analisis pasar dan market intelligence dari informasi pasar yang akurat mempunyai peranan yang sangat penting untuk menaklukan pasar karena jika informasi yang kita peroleh salah maka hasilnya akan salah pula  dan jika hasil analisis perusahaan dan hasil analisis persaingan salah maka strategi pemasaran yang  dihasilkan juga akan salah.

Secara umum ada 4 pekerjaan utama dari departemen market intelligence yaitu :

  • Pekerjaan pertama adalah tahap perencanaan dimana mereka harus menentukan jenis-jenis informasi apa   yang ingin diperoleh.
  • Tahap kedua adalah pengumpulan data dan informasi. Aktivitas ini dapat dilakukan dengan cara mengamati atau observasi, membaca hasil publikasi atau melakukan interview kepada para pelanggan pesaing atau dengan para supplier.
  • Tahap selanjutnya adalah melakukan analisa. Untuk analisa, perusahaan dapat membuat analisa kualitatif terutama bila ingin melihat trend secara global suatu industri atau analisa kuantitatif dengan melibatkan seperangkat computer atau alat-alat analisis lainnya.
  • Tahap yang terakhir dilakukan adalah sharing atau penyebaran informasi kepada departemen lain terkait.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dalam aktivitas market intelligence :

1. Mengetahui dengan cepat hadirnya produk pesaing

2. Menghadang hadirnya produk pesaing

3. Membuat keputusan cepat dalam berpromosi

4. Membuat produk tandingan dengan cepat

5. Mencegah adanya pemalsuan produk

6. Antisipasi perusakan produk oleh pesaing

7. Mengubah strategi pemasaran jadi lebih baik

8. Menciptakan produk baru

9. Mengubah strategi distribusi

10. Mengubah pola penetapan harga

1. Sistem intelijen Pemasaran

Sistem intelijen pemasaran adalah seperangkat prosedur dan sumber yang digunakan oleh manajer untuk memperoleh informasi mengenai perkembangan lingkungan pemasaran. Sistem ini dilakukan perusahaan guna melihat posisi persaingan dalam bisnis yang sejenis, sekaligus menentukan posisi perusahaan kita dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis.

2. Marketing Plan

Marketing plan merupakan bagian dari business plan. Marketing Plan adalah kemampuan merencanakan, menganalisis dan mengorganisasikan strategi pemasaran serta mengevaluasi untuk memanfaatkan peluang pasar dan memperhatikan seluruh aspek baik internal maupun eksternal. Marketing plan memuat hal-hal sebagai berikut :

  • Analisa situasi SWOT (Strange, Weakness, Oportunity,Thread)
  • Tujuan pemasaran (marketing objectives)
  • Strategi inti (Core strategy)
  • Jadual pelaksanaan (Action plan)
  • Anggaran pemasaran (marketing budget)
  • Kontrol (Control

3. Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran adalah memilih dan menganalisa pasar sasaran yang ingin dicapai oleh perusahaan dan menciptakan suatu bauran pemasaran yang cocok dan yang dapat memuaskan pasar sasaran tersebut. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu kita perhatikan dalam menetapkan strategi pemasaran:

  • Menentukan strategi yang tepat untuk mencapai sasaran
  • Menerapkan tahapan-tahapan kegiatan strategi pemasaran

<!–[if !mso]> <! st1\:*{behavior:url(#ieooui) } –>

Adapun tahapan-tahapan dari kegiatan strategi pemasaran adalah sebagai berikut  :

1.   Segmentasi

  1. Geografi    : Propinsi, kota, jumlah penduduk, kepadatan penduduk, iklim.
  2. Demografi : Usia, jenis kelamin.
  3. Psikografi  : Gaya hidup, personality.
  4. Perilaku  : Occasions, benefit, User, Attitudes (Kesempatan, manfaat,  pemakai, sikap)

2.   Targeting

Ada 5 bentuk dalam melakukan seleksi target yaitu:

  1. Konsentrasi pada satu segmen
  2. Pada pasar dan produk tertentu
  3. Spesialis pada produk tertentu
  4. Spesialis pada pasar tertentu
  5. Melayani semua pasar

3.   Positioning

  • Bagaimana menempatkan posisi produk kita di pasar diantara para saingan, salah menempatkan posisi bisa berakibat produk tidak laku
  • Faktor-faktor yang mempengaruhi:
  • -Fitur dari produk
  • -Saingan atau kompetisi

4.   Diferensiasi

Jika harga jual produk masih terlalu tinggi dan tidak kompetitive, maka tampilkan perbedaan yang cukup signifikan dalam produk atau jasa yang kita jual atau tawarkan

Berdasarkan strategi pemasaran yang telah ditentukan maka perusahaan melaksanakan fungsi 4 p yaitu :

1.   Product

Menentukan produk apa yang harus diproduksi berdasarkan informasi yang telah didapat agar dapat memenuhi  kepuasan pasar atau sesuai dengan keinginan konsumen dan produk yang dihasilkan mempunyai nilai tambah dibandingkan produk pesaing.

2.   Price

Menetapkan harga yang tepat, diharapkan harga tersebut terjangkau oleh konsumen.

3.   Place

Menentukan pendistribusian produk atau saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan produk. seperti pedagang besar, pengecer, dsb.

4.   Promotion

Tindakan atau kegiatan menginformasikan, mengkomunikasikan dan  mengingatkan konsumen tentang spesifikasi produk atau merek.

<!–[if !mso]> <! st1\:*{behavior:url(#ieooui) } –>

4. Contoh Kasus

Dalam menaklukan pasar sangat tergantung pada bagaimana kita menganalisis suatu pasar dan market intelligence dari informasi pasar yang akurat agar menghasilkan strategi pemasaran yang baik. Jika informasi yang kita peroleh salah dan hasil analisis perusahaan serta hasil analisis persaingannya salah maka nantinya strategi yang dihasilkan juga akan salah.

Sebagai contohnya adalah  tara nasiku yang merupakan produk dari PT Unilever Indonesia, dimana manajemennya memaksakan produk yang sesungguhnya memiliki konsep yang keliru. Riset pasar telah menunjukan hasil yang negatif tetapi karena gagasan produk baru tersebut merupakan gagasan unggulan dari top manajemen maka proposal tara nasiku diloloskan.

Padahal dalam menggarap pasar potensial yang belum terlayani harus memperhatikan beberapa hal yaitu :

  1. Awareness, Apakah perusahaan mampu menciptakan awareness bagi produk tersebut dalam waktu singkat?
  2. Availability, Apakah perusahaan memiliki kemampuan dalam mendistribusikan produk tersebut dalam waktu singkat sehingga dapat diperoleh di gerai-gerai terdekat dengan konsumen?
  3. Affordability, Apakah harga yang ditawarkan produk tersebut terjangkau oleh konsumen?
  4. Benefit deficiency or lack of benefit, Apakah manfaat yang ditawarkan produk tersebut penting dan bernilai bagi konsumen?
  5. Very useful or unable to use, Apakah produk tersebut cukup mudah digunakan?

Kegagalan produk tara nasiku disebabkan oleh manajemen yang terlalu memaksakan produk dan tidak memperhatikan hal-hal  seperti Awareness, Availability, Affordability, Benefit deficiency or lack of benefit, dan Very useful or unable to use sehingga mayoritas konsumen tidak melihat banyak keuntungan yang dirasakan dalam proses penyajiannya dan juga habitat konsumen yang sudah terbiasa dengan produk instan lain dibandingkan nasi instan. Tara nasiku gagal dalam proses memasaknya yang terlalu rumit dan rasanya yang kurang enak.

Jika ingin mendapatkan materi yang lebih lengkap dapat mendownload file : market intelligence.ppt atau mendapatkan materi yang berkaitan dengan Market Intelligence  dapat masuk pada halaman Download

About these ads

Entry filed under: Persentasi Kelompok. Tags: .

Development of Decision Support System Based on Category Management Concept to Increase Sales Performance of a Category Business Intelligence Concept

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


January 2009
M T W T F S S
« Dec    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Materi Terbaru

Top View's

  • None

Comments

There are no public comments available to display.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: